Hari 4 Puasa Daniel


Ayat Alkitab: Kis 1:12-26, 1 Tes 5:16-18

Apa yang dilakukan oleh murid-murid dan teman-teman terdekat Yesus setelah menyaksikan pengangkatan Yesus ke surga? Mereka kembali ke Yerusalem, naik ke ruangan atas dimana mereka tinggal, dan berdoa bersama-sama. Perjalanan dari Bukit Zaitun sampai Yerusalem kira-kira perjalanan 1 hari Sabat jauhnya – dan itu memberikan waktu bagi mereka untuk merenungkan dan membicarakan mengenai perkataan Yesus yang terakhir dan apa yang baru saja disaksikan. Kemudian mereka memutuskan bahwa langkah terbaik yang harus diambil sembari menantikan Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus dengan mendedikasikan diri mereka untuk berdoa. Pada masa itu, Petrus menerima sebuah pewahyuan dari Kitab Suci untuk memilih seseorang sebagai pengganti Yudas Iskariot. Ada dua orang yang diusulkan, dan mereka memohon kepada Tuhan untuk menunjukkan siapa yang terpilih.

Ada dua hal yang bisa kita lakukan selagi kita menantikan penggenapan janji Tuhan, yaitu menunggu secara pasif (tidak melakukan apapun) atau secara aktif (menunggu sambil melakukan sesuatu). Pilihan yang kedua adalah sebuah langkah yang jauh lebih efektif sehingga kita bisa menghasilkan buah bahkan selama masa penantian kita. Murid-murid Yesus memanfaatkan waktu penantian mereka sebaik-baiknya dan menerima pewahyuan melalui Kitab Suci. Jagalah diri kita melalui doa yang terus-menerus dan mempelajari Firman Tuhan sambil kita menantikan penggenapan janji Tuhan. Mungkin pada saat-saat seperti itulah, kita akan menerima pewahyuan yang lebih lanjut mengenai masa depan kita.

Pokok Doa:
• Berdoa untuk jemaat IFGF GISI agar memiliki rasa lapar dan haus yang lebih dalam akan firman Tuhan; sehingga kita bisa memberikan diri kita kepada doa dan pembelajaran Kitab Suci bersama-sama.
• Berdoa supaya kita bisa lebih sensitif terhadap Roh Tuhan dan supaya para pemimpin kita bisa membedakan mana yang datang dari Roh Kudus dan mana yang bukan.

Renungan Harian:
• Janji-janji apa yang Tuhan belum genapi dalam kehidupan kita?
• Apa yang bisa kita lakukan secara korporat sebagai tubuh Kristus selagi kita secara pribadi menunggu akan penggenapan janji-Nya?

Source: http://www.ifgf.org

No comments:

Post a Comment