Hari 5 Puasa Daniel



Ayat Alkitab: Kis 2:1-41

Makna dan pentingnya hari Pentakosta tidak bisa disangkal. Setelah para murid dibaptis oleh Roh Kudus, mereka mengalami transformasi dan kuasa yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar manusia. Petrus yang menyangkal Yesus sebelum kematian-Nya diubah menjadi seseorang yang dengan berani mengabarkan pesan keselamatan dan membawa 3000 orang ke dalam
pertobatan. Thomas yang dipenuhi dengan keragu-raguan diubah menjadi seorang misionaris yang penuh kuasa dan membawa Injil sampai ke India. Murid-murid yang lain mengabarkan Injil tanpa takut; dan semua, kecuali Yohanes, mati secara martir.

Apa yang terjadi?
Hari Pentakosta adalah hari pencurahan kuasa dari tempat maha tinggi. Allah bisa saja mencurahkan Roh Kudus-Nya tepat setelah Yesus diangkat, tapi Dia tidak melakukan hal itu. Mengapa? Allah tahu bahwa para murid masih terguncang setelah penyaliban Yesus; dan pada masa penantian itu, iman mereka sedang mengalami pengujian sekali lagi. Melihat dari apa yang baru saja terjadi selama proses penyaliban Yesus, bukannya tidak mungkin bahwa para murid akan kembali kepada pola pikir mereka yang lama – yang
dipenuhi oleh keragu-raguan dan rasa tidak percaya. Supaya mereka memiliki satu hati dan satu tujuan, mereka harus melewati waktu bersama-sama untuk berdoa. Hal ini tercapai ketika mereka berdoa selama berhari-hari selagi mereka menantikan datangnya Roh Kudus.

Pokok Doa:
• Berdoalah untuk keluarga-keluarga dan para pemimpin gereja, agar mereka bisa berdoa bersama-sama dalam kesatuan.
• Berdoalah untuk mereka yang belum menerima baptisan Roh Kudus supaya mereka bisa menerima, dan bagi mereka yang sudah menerima, supaya mereka bisa disegarkan dan dikuatkan terus-menerus untuk melakukan kehendak Tuhan.

Renungan Harian:
• Kita pernah mendengar perkataan: “Keluarga yang berdoa bersama, terus bersama.” Perkataan ini sangat benar; bukan hanya untuk keluarga, tapi juga untuk gereja-gereja dan
persahabatan kita. Suatu hal spiritual terjadi ketika orang-orang berdoa bersama-sama, Roh Allah bekerja, membentuk, mempersatukan dan menjaga orang-orang tersebut dalam satu tujuan.
• Ambilah waktu untuk mencari Tuhan dan baptisan Roh Kudus. Bagi yang sudah dibaptis, cari Tuhan supaya bisa mengalami pencurahan ini sekali lagi.

No comments:

Post a Comment